SEMINAR NASIONAL “KAJIAN EKONOMI ISLAM”

Kajian Ekonomi Islam (KEI) UNS akan menyelenggarakan Seminar Internasional ‘4th SETiA (Sharia Economics Triumph Activities) KEI FE UNS periode 2010”. Kegiatan tersebut mengambil tema “Menuju Kemandirian Indonesia melalui Prinsip Ekonomi Islam dalam Menghadapi Persaingan Global” dengan tujuan umum:

  1. sebagai bentuk kontribusi mahasiswa dalam sosialisasi dan pengembangan ekonomi Islam
  2. sebagai salah satu langkah menyatukan berbagai pihak yang terlibat dalam keberhasilan aplikasi ekonomi Islam yaitu masyarakat, akademisi dan praktisi.

Sedangkan tujuan khusus yaitu:

  1. menawarkan solusi nyata untuk meningkatkan daya saing UKM di Indonesia dalam menghadapi persaingan global
  2. mengoptimalkan eksistensi FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam) sebagai lembaga bersama ekonomi Islam mahasiswa tingkat Nasional, yang salah satu anggotanya adalah KEI FE UNS
  3. meningkatkan minat mahasiswa terhadap ekonomi Islam dan menulis melalui Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam tingkat Nasional
  4. meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pengaplikasian ekonomi Islam dalam mengatasi permasalahan perekonomian di Indonesia, khususnya masalah UKM.

Bentuk kegiatan “4th SETiA” berupa rangkaian kegiatan yang meliputi:

1) Seminar Internasional, pada tanggal 23 Oktober 2010 di Auditorium UNS pukul 07.00 – 12.45 WIB dengan mengambil tema “Strategi Pemberdayaan UKM dalam Menghadapi CAFTA dengan Entrepreneurship Berbasis Syariah”.

Pembicara yang direncanakan akan hadir adalah:

  1. akademisi, Dosen Universitas dari Malaysia
  2. Sandiaga Salahudin Uno (perwakilan Kamar Dagang dan Industri/KADIN RI serta pendiri private equity Saratoga Capital)
  3. praktisi dari Kementerian Keuangan RI.;

2) Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI), pada tanggal 24 Oktober 2010 di Aula Fakultas Ekonomi UNS pukul 08.00 – 11.15 WIB. Kegiatan ini merupakan sesi final dari LKTEI yang telah terseleksi sebelumnya. Pada sesi ini akan berlangsung presentasi 5 tim finalis LKTEI yang akan di review oleh reviewer dari akademisi, praktisi, dan IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam). Presentasi LKTEI ini akan disaksikan oleh mahasiswa baik dari UNS maupun dari luar UNS beserta akademisi lainnya;

3) Field Trip, kegiatan ini dikhususkan bagi peserta delegasi dari luar UNS dan finalis LKTEI saja. Peserta field trip akan berkunjung ke tempat wisata yang ada di Surakarta seperti Keraton Kasunanan, Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo.

(Bagian Mawa UNS).