UNS BANGUN UNIVERSITY HOSPITAL

Universitas Sebelas Maret (UNS) akan membangun rumah sakit pendidikan (university hospital) senilai Rp 400 miliar. Pembangunan akan dimulai pertengahan tahun 2011 dan diperkirakan selesai pada 2014/2015. Untuk proyek tersebut UNS mendapatkan soft loan dari Saudi Fund for Development Bank dan Islamic Development Bank sebesar 39 juta dolar AS untuk proyek tersebut.

Menurut Rektor UNS, Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, dr. Sp. KJ (K) dari 13 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki Fakultas Kedokteran hanya 3 (tiga) yang mendapatkan kepercayaan itu yakni UI, Universitas Andalas, dan UNS. Menurut rencana, rumah sakit itu akan dibangun di lahan kampus Pabelan yang dulunya untuk IKIP Surakarta dan menjadi salah satu kampus FKIP. Keberadaan rumah sakit pendidikan akan sangat membantu pengembangan Fakultas Kedokteran UNS yang selama ini masih menggunakan rumah sakit di beberapa daerah untuk rumah sakit pendidikan seperti RS. Dr. Moewardi Solo milik Pemprov, juga rumah sakit daerah di Solo Raya, Purwodadi dan lainnya.

Pembangunan university hospital untuk UNS tersebut sekaligus akan dijadikan pilot project bagi perguruan tinggi lain. Apabila hasilnya bagus untuk pengembangan pendidikan kedokteran, nantinya akan menjadi rujukan dalam pemberian bantuan dana bagi perguruan tinggi yang lain. Rumah sakit pendidikan tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu terwujudnya UNS sebagai universitas riset yang unggul di bidang kedokteran/kesehatan, sebagaimana telah digariskan dalam Renstra Bisnis UNS.

(Bagian Sistem Informasi UNS).