LAB UCYD TELITI TINDAK KEKERASAN

Laboratory of Urban Crisis and Community Development (Lab. UCYD) Jurusan Sosiologi FISIP UNS bekerjasama dengan The University of Newcastle, Australia melakukan penelitian tentang tindakan kekerasan yang dilakukan kaum laki-laki di Indonesia.

Menurut Ketua Lab. UCYD, Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si dalam Diskusi Publik yang diselenggarakan pada hari Selasa, 28 September 2010 di Ruang Sidang I Gedung Rektorat UNS mengungkapkan bahwa penelitian yang berjudul “Budaya Maskulinitas dan Kekerasan di Jawa” tersebut selain menggunakan data lapangan juga menggunakan data yang diperoleh secara online. Media online yang digunakan adalah blog dan jejaring sosial Facebook. Dipilihnya Facebook sebagai media sosial untuk pengadakan penelitian secara online karena jejaring sosial tersebut paling banyak dipilih orang. Mereka yang memberikan data kemungkinan akan berasal dari banyak daerah. Bukan hanya orang Solo, tetapi mungkin saja orang dari segala penjuru dunia yang mempunyai pendapat soal maskulinitas. Harapannya akan semakin memperkaya data dan analisis terhadap penelitian yang sebelumnya telah dilakukan.

Dana untuk melakukan penelitian tersebut diperoleh dari Australian Aid sebesar Rp 11 miliar, dengan waktu pelaksanaan penelitian selama kurang lebih 2 (dua) tahun, dimulai dari tahun 2009 dan diperkirakan selesai pada Mei 2011 mendatang.

(Bagian Sistem Informasi UNS).