5.000 BEASISWA DITAWARKAN PADA MAHASISWA UNS

Tahun ini mahasiswa UNS mendapatkan tawaran 5.000 beasiswa dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas dan 22 lembaga lainnya.

Menurut Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan UNS, Drs. Dwi Tiyanto, SU, MA bahwa dari Kemendiknas menyediakan beasiswa antara lain: Peningkatan Prestasi Akademis (PPA) dan Bantuan Belajar Mengajar (BBM) yang jumlahnya antara 3.500 – 4.000 mahasiswa, dengan nilai beasiswa sebesar Rp 250.000,-/bulan yang diterimakan setiap tahun, dan bisa diperpanjang dengan pengajuan permohonan ulang.

Selain itu, ada 22 lembaga lainnya baik BUMN maupun swasta yang juga memberikan beasiswa dengan jumlah bervariasi dan total yang diberikan mencapai 1.000 beasiswa. Lembaga tersebut antara lain beberapa bank dan lembaga swasta, seperti PT. Djarum. Kebanyakan syaratnya adalah siswa berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu. lni sekaligus juga menepis anggapan anak keluarga kurang mampu tidak bisa kuliah. Sebab banyak bantuan yang bisa diperoleh untuk rneringankan beban kuliah. Selain itu, juga beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa baru yang diterimakan Rp 500.000,-/bulan untuk biaya hidup. Jumlah sebesar itu sudah cukup untuk kelas mahasiswa dengan pola hidup yang cukup. Syarat mendapatkan beasiswa itu mudah, yaitu rajin-rajin mencari informasi ke Bagian Kemahasiswaan, baik universitas maupun fakultas. Dengan demikian, mahasiswa bisa langsung mencari syarat untuk mengajukan.

(Bagian Sistem Informasi UNS).