PELANTIKAN MAHASISWA BARU UNS 2010

Sebanyak 4.616 mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) pada hari Rabu, 18 Agustus 2010 dilantik secara resmi sebagai warga baru kampus. Mereka berasal dari 9 (sernbilan) fakultas dan 53 program studi, dengan perincian: mahasiswa baru dari jalur PMDK 645 orang, SNMPTN 2.257 orang, jalur Swadana 1.652 orang, SPMB Sastra Arab 48 orang dan rnahasiswa asing 14 orang. Mereka terpilih dari 70.274 pendaftar.

Menurut Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. (Ketua Panitia SPMB UNS/Pembantu Rektor 1 UNS) mengatakan bahwa rata-rata persaingan mahasiswa yang akan masuk ke UNS 1:17 orang. Diantara para mahasiswa tersebut terdapat 365 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi Depdiknas Rp 5 juta/semester (15 mahasiswa di antaranya berasal dari Fakultas Kedokteran). Ini membuktikan bahwa menjadi dokter bukan hanya didominasi orang kaya, melainkan anak orang miskin juga bisa menjadi dokter dari beasiswa Bidik Misi. Mahasiswa baru dilantik secara resrni oleh Rektor UNS Prof. Dr. Much. Syamsulhadi, dr. Sp.KJ (K).

Setelah upacara pelantikan, seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (Osmaru), baik yang diselenggarakan universitas maupun fakultas. Osmaru didahului dengan kuliah umum yang bertempat di Auditorium UNS dan disiarkan secara langsung melalui video conference ke 3 (tiga) fakultas di lingkungan UNS yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas KIP dan Fakultas Hukum. Video conference dibuka oleh Rektor UNS, dilanjutkan penyampaian materi tentang Ketahanan Negara dan Wawasan Kebangsaan bagi Mahasiswa Indonesia yang disampaikan Pangdam IV/Diponegoro (Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono). Dalam kuliah umum tersebut juga disampaikan presentasi tentang Administrasi Akademik dan Usaha UNS Membantu Mahasiswa yang Berkesulitan Membayar Biaya Kuliah oleh Pembantu Rektor I UNS (Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.). Nara sumber pada acara tersebut adalah Pembantu Rektor III (Drs. Dwi Tiyanto, SU), dengan moderator Kepala Kantor Humas dan Kerjasama UNS (Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com). Hadir dalam acara tersebut Pembantu Rektor II UNS (Prof. Dr. Ir. Sholahuddin, M.S.), Pembantu Rektor IV (Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H) dan Jajaran Pimpinan Fakultas, serta Pejabat di Jajaran Kodam IV/Diponegoro.

(Bagian Sistem Informasi UNS).