MAHASISWA FT UNS RAIH PRESTASI GEMILANG DALAM PIMNAS KE-23

Prestasi gemilang diraih 3 (tiga) mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin UNS. Mereka menciptakan alat pengaman helm anti maling dan berhasil meraih medali emas dalam arena Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-23 di Universitas Mahasaraswati, Denpasar.

Mereka adalah:

  1. Nugroho Fajar
  2. Sidik Susilo
  3. Condro Eko

ketiganya adalah mahasiswa angkatan 2007.

Alat pengaman helm anti maling diciptakan karena begitu banyaknya pencurian helm di kawasan kampus. Alarm tersebut dipasang di tali helm dan bentuknya kecil sehingga tidak menganggu kenyamanan pengendara saat memakai helm tersebut. Jika tali helm dipotong, dengan sendirinya alarm akan berbunyi dan lampu sein akan menyala. Keras tidaknya bunyi alarm tergantung pada kekuatan accu dan jenis klakson kendaraan. Karena alat tersebut dililitkan di tali helm, maka pengamanan nomor satu adalah meletakkan helm di bawah jok sepeda motor. Dengan demikian, pencuri harus memotong tali helm itu jika ingin mencuri. Tetapi jika helm hanya ditaruh di kaca spion, pengaman tidak berfungsi.

Yang pasti, dari kreasi ketiganya, tim penilai memberikan nilai tertinggi sehingga berhak mendapatkan medali emas kategori pergelaran produk dan poster dalam PIMNAS ke-23.

(Bagian Sistem Informasi UNS).