WORKSHOP PENGELOLAAN DATA KARYA ILMIAH DOSEN UNS

Untuk meningkatkan peringkat UNS di tingkat Internasional melalui sistem penilaian Webometric maupun THES serta untuk penguatan akuntabilitas kinerja UNS baik untuk peningkatan kualitas sistem pelaporan kinerja UNS maupun untuk pengisian borang promosi UNS di tingkat nasional maupun internasional, ternyata sangat diperlukan ketersediaan data yang akurat dan up todate.

Peraihan prestasi UNS melaui Webometric, THES, maupun tercatatnya UNS sebagai salah satu dari 50 perguruan tinggi unggulan yang dipromosikan Dikti di tingkat internasional memberikan indikator bahwa pengelolaan data di UNS selama ini relatif sudah cukup lengkap dan memadai. Namun apabila dilihat dari kecenderungan adanya penurunan nilai pada sistem penilaian di atas, maka terlihat bahwa kelemahan mendasar yang saat ini perlu segera dibenahi adalah lemahnya data tentang aktivitas dan hasil karya ilmiah dosen (data scholar).

Memperhatikan hal tersebut di atas serta berdasar pada Surat Rektor No: 4292/H27/PP/2010 tanggal 16 Juni 2010 tentang Pengelolaan Data Karya Ilmiah Dosen UNS dan No: 4664/H27/PP/2010 tanggal 1 Juli 2010 tentang Pengisian Data Profil Dosen, Bagian Sistem Infomasi memandang perlu untuk melakukan koordinasi intensif dengan seluruh unit penyedia data melalui kegiatan Workshop Pengelolaan Data Karya Ilmiah Dosen. Workshop diselenggarakan pada hari Kamis, 8 Juli 2010 pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang IV Kantor Pusat UNS.

Workshop dibuka oleh Pembantu Rektor IV, Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H, M.H. dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan narasumber:

  1. Drs. Rofiq Muryanto (Kepala Bagian Sistem Informasi)
  2. Harmadi Subiatmoko, S.Sos (Kepala Sub Bagian Layanan Informasi)
  3. Rianita Dwi Astuti, S.Kom (Staf Bagian Sistem Informasi).

Dengan adanya Workshop tersebut diharapkan pembangunan data base karya ilmiah (data scholar) dosen UNS segera terwujud sehingga ketersediaan data scholar untuk berbagai macam keperluan dapat terpenuhi secara cepat dan akurat. Untuk itu, workshop ini merekomendasikan:

  1. agar setiap dosen segera meng-up date data profilnya masing-masing secara online melalui website UNS: www.uns.ac.id klik “UNDUH FILE” klik “Form Isian Data Profile”
  2. Pembantu Dekan I dan jajarannya diharapkan ikut memantau kegiatan pengisian data dan up dating data profil tersebut serta menggiatkan program pengayaan contain web dengan hasil-hasil karya ilmiah dosen
  3. dengan support data (butir 1 & 2) tersebut oleh Bagian Sistem Informasi akan segera dibangun data base hasil karya ilmiah dosen yang secara rutin akan di-up date secara teratur dan disajikan baik secara online maupun cetak untuk memenuhi berbagai keperluan baik di tingkat universitas maupun fakultas.

(Bagian Sistem Informasi UNS).