MENGENAL BUDAYA AMERIKA MELALUI AMERICAN WEEK

Selama ini budaya asing khususnya Amerika selalu dianggap sebagai momok terhadap budaya nasional dan daerah Indonesia. Mahasiswa-mahasiswi S-1 Sastra Inggris UNS mencoba mengkaji budaya Amerika beserta pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia melalui Talk Show American Pop CultureFrom Past to Present“. Talk show ini telah diselenggarakan pada Selasa, 22 Juni 2010 bertempat di Ruang Seminar Gedung III Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS dengan menghadirkan 2 (dua) keynote speaker yaitu:

  1. Fitria Akhmerti S.S. M.A. (Akademisi dan Praktisi American Studies)
  2. Sofie Mahmudah (Peraih Beasiswa AMINEF USA 2009).

Perbincangan seputar Budaya Pop Amerika menghangat saat mengetahui kenyataan bahwa budaya tersebut sebenarnya telah berada di sekitar kita. Pada akhir acara kedua pembicara mengingatkan peserta talk show untuk selalu menjaga budaya daerah. Budaya Pop Amerika tidak selalu negatif, kita dituntut untuk dapat memilah dan memilih segi positifnya untuk kita contoh. Pemenang Article Competition “America in our words” sebelumnya diumumkan bersamaan dengan ditutupnya acara talk show pada hari tersebut.

Selain talkshow, American Week juga dimeriahkan oleh event-event menarik, salah satunya American Exhibition. American Exhibition adalah sebuah acara yang menyajikan produk-produk terkemuka Budaya Pop Amerika, visualisasi perjalanan sejarah Amerika, dan informasi tentang belajar ke luar negeri. Ketiganya akan disajikan sedemikian rupa hingga menarik pengunjung. Eksibisi ini termasuk nonton film bersama. Terdiri dari Display dan Bazaar, Dance Performance, Accoustic Performance, Jazz Performance, Musical Drama, Planet Hollywood, dan Halloween Corner. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 23-24 Juni 2010. Tiket masuk seharga Rp.8.000,00 berlaku untuk tiga hari termasuk talk show. Pembelian On the spot dikenai uang masuk Rp.10.000,00.

(FSSR UNS).