BEM FMIPA UNS SELENGGARAKAN PIM 2010

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA UNS menggelar Pekan Ilmiah MIPA (PIM) 2010 selama 1 pekan mulai tanggal 19 s.d. 26 Juni 2010 bertempat di Fakultas MIPA UNS. Acara dibuka oleh Dr. Sunarto, M.S selaku Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas MIPA UNS bertempat di Ruang Video Conference UPT PUSKOM UNS.

Sesuai dengan temanya yang bertajuk “Kontemporasi Sains dan Teknologi Informatika di Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Global”, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara yang mencakup aspek Sains dan Teknologi Informatika bahkan dengan sentuhan seni dan sastra sebagai sebuah kontemporasi.

Kegiatan diawali dengan Training IT dan Multimedia (TERIMA) pada 19 Juni 2010 dengan tema “Using Linux, migrate to open source, why not?” dengan peserta dari mahasiswa umum. Dilanjutkan dengan lomba pada 23-24 Juni 2010, diantaranya:

  1. Lomba Debat Ilmiah dengan peserta dari beberapa lembaga kemahasiswaan di FMIPA
  2. Lomba Baca Puisi dengan tema “Dari Lingkungan Hidup Mahasiswa Belajar Melestarikan Alam”
  3. Lomba Menulis Essay dengan tema “Peran Mahasiswa Sains dalam Menghadapi Isu Lingkungan Hidup”
  4. Lomba Desain Poster.

Pada tanggal 25 Juni 2010 diadakan Workshop Menulis PKM dan Tugas Akhir dengan tema “Membangun Iklim keilmiahan melalui karya tulis dengan pembicara Dr. Edwi Mahajoeno, M.Si. dan Asep Yudha Wirajaya.

Puncak acara PIM 2010 tersebut adalah Seminar Nasional yang dilaksanakan tanggal 26 Juni 2010 di Aula Gedung B FMIPA UNS dengan tema “Increasing Environment Quality Through Implementation of Eco-Lifestyle Based On Science and Technology in Indonesia”. Dalam seminar tersebut hadir sebagai pembicara antara lain:

  1. Kepala BLH Kota Surakarta sebagai keynote speaker
  2. Prof. Dr. I Made Sudiana (LIPI)
  3. Dr. Sutanto, M.Sc, DEA (Dirut Java Agro)
  4. Vania Santoso (Duta Lingkungan Hidup Indonesia).

Dengan seminar tersebut diharapkan dapat memberikan wacana kepada sivitas akademika dan masyarakat umum, serta mengundang partisipasi seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengelola lingkungan hidup sekitar.

(Presiden BEM FMIPA UNS).