FUSI ADAKAN GRAND LAUNCHING “KLITIQ-U”

FUSI (Forum Ukhuwah dan Studi Islam) Fakultas Pertanian UNS pada hari Sabtu, 19 Juni 2010 mengadakan Grand Launching Klinik Tilawatil Qur’an (KLITIQ-U) yang bertempat di Masjid Nurul Huda UNS. Kegiatan ini merupakan serangkaian acara untuk memperingati MILAD FUSI yang ke-XI yang diadakan oleh bidang Syiar dan Akademik. Acara ini dimulai pukul 09.00-11.30 WIB dengan pembukaan oleh MC yaitu Dwi Stiawan, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur,an oleh Latif. Kemudian sambutan dari Lutfi sebagai Ketua panitia dan Dedy Iriandi sebagai Ketua Umum. Rangkaian acara selanjutnya penjelasan tentang mekanisme KLITIQ-U oleh Mos Aldin Long.

KLITIQ-U ini sebagai sarana para sivitas akademika UNS dalam memperbaiki baca Al-Qur’an. Pelaksanaan KLITIQ-U ini ada tiga kriteria dasar yang diajarkan yaitu:

  1. latihan membaca Al-Qur’an bagi yang belum dapat membaca sama sekali
  2. memperbaiki bacaan yang terkait ma’khraj huruf, Tajdwid, dan lain-lain
  3. menghafal ayat Al-Qur’an. Dalam menghafal ini menggunakan metode “one day one ayat”. Jadi para peserta diharuskan untuk dapat menghafal satu hari satu ayat yang disetorkan kepada pengelola setiap harinya.

Kegiatan ini juga diisi dengan kajian spesial yang disampaikan oleh ustadz Agus dan ustadz Tamam dengan tema pentingnya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Acara ini juga dihadiri oleh Gutomo selaku Koordinator PAI (Pelajaran Agama Islam) UNS. Beliau menyambut baik adanya klinik tilawatil Qur’an ini. Harapannya dengan acara ini kita sebagai umat Islam dapat menghapus buta huruf Al-Qur’an sehingga dikalangan sivitas akademika khususnya umat Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sebagai penutupan diadakan pembukaan KLITIQ-U secara simbolis dan resmi oleh ustadz Agus dengan menabuh gendang sebanyak tiga kali.

(Humas FUSI FP UNS).