GRAND OPENING PENDAMPINGAN BELAJAR

Mengangkat momen Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2010, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian UNS menggelar kegiatan yang bertajuk ”Grand Opening Pendampingan Belajar (PIJAR)”. Acara yang diselenggarakan di Desa Ndayu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar yang merupakan desa Binaan BEM Fakultas Pertanian diikuti kurang lebih 40 siswa-siswi SD dan SMP yang ada di desa Ndayu.

Program PIJAR diagendakan rutin setiap 2 minggu sekali yang diperuntukkan bagi masyarakat desa Ndayu sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berawal dari kegelisahan terkait dengan realita dan data yang ada di desa tersebut, yakni semakin meningkatnya angka drop out siswa-siswi baik di tingkat SMP ataupun SMA. Menurut Bayan desa Ndayu Satimin, hal ini terutama dipengaruhi oleh faktor perekonomian keluarga serta rendahnya semangat dan kesadaran dari masyarakat tentang arti pentingnya proses pendidikan. Kebanyakan siswa-siswi yang memilih berhenti dari sekolah kemudian merantau ke kota-kota besar untuk mencari pekerjaan.

Tujuan diselenggarakannya pendampingan belajar ini adalah untuk mendorong semangat dan kesadaran masyarakat di desa Ndayu tentang pentingnya sebuah proses pendidikan. (Humas Fak. Pertanian UNS).