HMS FT UNS ADAKAN KEGIATAN “CIVIL WEEK”

Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik (FT) UNS mengadakan Kegiatan “Civil Week” dengan mengangkat tema “Education, Competition and Inovation”. Dalam Kegiatan “Civil Week” tersebut, ada 5 (lima) rangkaian kegiatan utama yaitu:

1) Seminar Nasional Teknologi Aplikasi, Teknologi Tepat Guna, Teknologi Terbarukan (Civil Engineering), yaitu seminar nasional tentang teknologi aplikasi, teknologi tepat guna, teknologi terbarukan bidang teknik sipil sebagai objek utama dalam pembangunan. Seminar nasional ini diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Fakultas Teknik UNS dengan menghadirkan pembicara: 1) Ir. Isnugroho, CES (Balai Sungai); 2) Ir. Edy Trihandoko (Konsultan Proyek Tol Solo-Semarang); 3) Ir. Eko Prasetyo (Konsultan Proyek Jembatan Suramadu); Kusno Adi S, S.T, Ph.D (Dosen dan Peneliti UNS); dan sebagai moderator adalah Ir. Ary Setyawan, M.Sc, Ph.D (Dosen dan Peneliti UNS).

2) Temu tokoh dan diskusi, yaitu kegiatan yang mendatangkan tokoh-tokoh terkenal dan ahli di bidang teknik sipil tingkat nasional. Para pakar yang hadir dalam acara ini antara lain: a) Prof. Dr. Ir. Bambang Suhendro (Tokoh Peneliti UGM); b) Prof. Dr. Ir. Sobriyah, M.S. (Tokoh Peneliti Keairan UNS). Ikut hadir dalam acara ini Ir. Joko Widodo (Walikota Solo). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Mei 2010 bertempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Teknik UNS.

3) Lomba Rancang Bangun Jembatan se-Jawa. Yaitu kompetisi mendesain, merancang, dan merakit model jembatan tingkat pelajar SMA/SMK/MA se-Jawa dengan menggunakan bahan dari stik es krim. Kegiatan diikuti 32 tim dari SMA/SMK/MA se-Jawa. Lomba diselenggarakan pada hari Rabu, 12 mei 2010 di Atrium Solo Grand Mall.

4) Lomba Kuat Tekan Beton Nasional, yaitu kompetisi membuat rancang campur beton tingkat mahasiswa Perguruan Tinggi Nasional untuk mencari hasil rancang campur bahan limbah yang menghasilkan mutu beton tingkat tinggi. Kegiatan diikuti beberapa tim dari Universitas se-Indonesia yang dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Mei 2010 di Atrium Solo Grand Mall.

HMS Fair yang meliputi beberapa kegiatan: a) Talk Show dan Pengenalan Jasa Konstruksi Swasta/Pemerintah Nasional dari stand yang disediakan panitia; b) Lomba Menggambar Tingkat SD se-Solo Raya; c) Lomba Baca Al Qur’an Tingkat SD se-Solo Raya; d) Talk Show dengan Jurusan Teknik Sipil UNS; e) Entertainment yang akan diisi dengan hiburan musik. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Mei 2010 di Atrium Solo Grand Mall.
(Fakultas Teknik UNS).