SIMPOSIUM NASIONAL KEBIDANAN

Kejang pada bayi adalah fenomena gangguan neurologi bayi yang sering terjadi karena alasan tertentu yang bermacam-macam. Kejang merupakan kontraksi otot yang berlebihan pada waktu tertentu tanpa bisa dikendalikan. Kejang yang tidak tertangani dengan baik dan tepat berpotensi menimbulkan komplikasi yang berdampak sistemik dan berlanjut dikarenakan kegawatan dan potensinya terulang kembali, maka dibutuhkan pengetahuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejang tersebut. Untuk itu, D-IV Kebidanan UNS akan menyelenggarakan Simposium Nasional dengan mengambil tema “An Intensive Treatment for Baby with Convulsions” yang diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai penanganan yang tepat dalam menghadapi bayi kejang.

Simposium akan digelar pada hari Minggu, 16 Mei 2010 di Auditorium UNS pada pukul 07.00 – selesai. Simposium akan menghadirkan 4 orang pembicara yaitu:

  1. dr. Alifiani Hikmah Putranti, Sp. A (K) dengan topik “Kejang Pada Neonatus dan Bayi”
  2. dr. Abdurahman Laqif, Sp. OG (K) dengan topik “Kejang Pada Neonatus Pada Bayi yang Berhubungan dengan Kehamilan dan  Persalinan”
  3. dr. Agus Soedomo, Sp.S (K) dengan topik “Akibat Kejang Terhadap Perkembangan Otak Bayi”
  4. IBI Pusat dengan topik “Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan Bidan Bila Menemui Kejang pada Bayi”.

Untuk pendaftaran dapat melalui:

  • SMS dengan cara ketik: Sympo(spasi)”nama lengkap”(spasi)”asal institusi” kirim ke nomor 085732543733; atau
  • melalui email: piscoliawintoro@yahoo.co.id.

Kontribusi bagi mahasiswa sebesar Rp 60.000,- dan bagi bidan/umum sebesar Rp 80.000,-. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi nomor tersebut.