LOMBA MENULIS DAN ALIH AKSARA JAWA TINGKAT SMA/SEDERAJAT SE-SOLO RAYA

Dalam rangka Dies Natalis XXXIV UNS, Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS mengadakan Lomba Menulis dan Alih Aksara huruf Jawa tingkat SMA/Sederajat Se-Solo Raya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 April 2010 bertempat di Gedung IV FSSR UNS. Peserta lomba sebanyak 26 dari sekolah negeri dan swasta. Adapun tujuan diadakannya lomba ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan siswa SMA/sederajat terhadap tata cara penulisan aksara Jawa, karena sejak tahun 2005 telah diwajibkan adanya mata pelajaran Bahasa Jawa diajarkan di sekolah-sekolah sejak SD sampai SMA; 2) agar tulisan Jawa tidak punah; 3) melestarikan dan mengembangkan tulisan Jawa yang di dalamnya penuh ajaran kehidupan (yang oleh PB IX tulisan Jawa disebut guru sejati).

Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda kita khususnya para siswa SMA/sederajat semakin dekat dengan tulisan Jawa dan pada akhirnya, “rumangsa handarbeni terhadap kelestarian dan pengembangannya. Penanggungjawab lomba ini adalah Drs. Imam Sutardjo, M. Hum (Ketua Jurusan Sastra Daerah), Ketua Panitia Drs. Y. Suwanto, M. Hum serta dibantu para mahasiswa Sastra Daerah (Erna Istikomah, Ina Dinawati, Angga Cahyaning Utami, Nandia Nessa Lestari dan Yoko Gayuh Susilo).

Keluar sebagai pemenang lomba tersebut adalah: 1) Tika Permata Sari (SMAN 1 Surakarta) sebagai juara I; 2) Muh. Nur Aziz (SMAN 4 Surakarta) juara II; dan 3) Fatmawah Sholikhah (SMAN 1 Surakarta) juara III. Para juara mendapatkan tropi dan uang pembinaan. (Sastra Daerah FSSR UNS).