Kompetisi Matematika dan Seminar Akademik 2012 FMIPA UNS

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FMIPA UNS menyelenggarakan Kompetisi Matematika dan Seminar Akademik 2012 se-Jateng dan DIY. Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 3 Nopember 2012 diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari pelajar SMU di wilayah Jateng dan DIY.

Pada sambutan pembukaan, Gubernur Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili Bakorwil II Ir. Bambang Sudarmono menyatakan harapannya. Beliau mengatakan agar Kompetisi Matematika yang dirangkai dengan kegiatan seminar akademik, hendaknya mampu meningkatkan langkah-langkah dan inovasi baru dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi di kalangan pelajar dan mahasiswa, yang bertakwa, makin cerdas, trampil, berkemampuan tinggi, berdaya saing tinggi dan tetap berbudaya sesuai dengan karakter bangsa.

Pembukaan Kompetisi Matematika dan Seminar Akademik 2012 ditandai dengan pemukulan gong oleh Dekan FMIPA, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, Msc. PhD. didampingi Ketua Jurusan Matematika, Irwan Susanto, DEA dan Ir. Bambang Sudarmono selaku yang mewakili Gubernur Jawa Tengah.

Kompetisi Matematika kali ini dibagi menjadi tiga babak. Dimana babak pertama yang merupakan babak penyisihan, diikuti oleh seluruh peserta. Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, akhirnya terpilih 30 peserta yang berhak maju ke babak kedua. Untuk selanjutnya dipilih lima orang finalis.

Pada saat yang bersamaan, di Aula Gedung C FMIPA berlangsung seminar akademik dengan tema “Matematika dalam Mengembangkan Potensi Lokal” dengan pembicara Dr. Dewi Retno Sari S., S.S.i., M. Kom.
Acara seminar akademik, diperuntukkan bagi guru pendamping peserta kompetisi matematika 2012.
“Sebagai tenaga pengajar, harus bisa menemukan metode pengajaran matematika yang tepat, karena selama ini matematika masih menjadi momok dikalangan pelajar. Sehingga dengan ditemukannya metode yang tepat, anak didik akan merasa senang belajar matematika.” demikian salah satu petikan materi yang disampaikan oleh Dr. Dewi Retno Sari S., S.S.i.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang kompetisi matematika 2012. Keluar sebagai juara pertama adalah Luqman Arifin Siswanto, dari MA PPMI Assalam yang berhak membawa pulang tropi Rektor UNS beserta uang pembinaan.

Adapun sebagai juara kedua dan ketiga masing-masing adalah Dani Natanael dari SMA N 2 Purwokerto dan Wahyu Prihantoro dari SMA N 1 Boyolali. Sebagai Juara kedua, Dani berhak atas piala Wali Kota Surakarta dan sejumlah uang pembinaan. Sedangkan Wahyu Prihantoro berhak atas tropi dari Dekan FMIPA UNS dan uang pembinaan.

Juara Harapan satu, Kurniawan Prasetya dari SMAN 1 Klaten dan Juara Harapan dua Ridho Pasopati dari SMAN 1 Surakarta yang masing-masing mendapat tropi dan uang pembinaan. (Humas Fakultas MIPA UNS).