Mahasiswa FMIPA UNS Berhasil Masuk Final AGF-BC Community Entrepreneurs Challenge (CEC) Wave III

Mahasiswa Fakultas MIPA UNS, Tyas Utami Ningsih berhasil masuk final kompetisi AGF-BC Community Entrepreneurs Challenge (CEC) Wave III yang diadakan oleh British Council bekerja sama dengan Arthur Guinness Fund.

Para finalis akan diundang ke Jakarta untuk mendapatkan pelatihan dari British Council mengenai Kewirausahaan Sosial berbasis Komunitas pada tanggal 28 Oktober – 1 November 2012. Selama ini Tyas aktif bersama komunitasnya di Green Movement Community of Sebelas Maret University (Komunitas Gerakan Hijau Universitas Sebelas Maret ), sebuah komunitas yang peduli dan tanggap terhadap lingkungan, khususnya dalam edukasi zero waste dan menggagas sebuah teknologi lingkungan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara umum.

AGF-BC CEC Wave III merupakan ajang kompetisi yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mendukung komunitas yang memiliki komitmen dan ide cemerlang dalam menggagas dan mengelola secara mandiri usaha yang bertujuan mengatasi persoalan sosial dan lingkungan masing-masing. Selama dua tahun, dari 2010-2011, CEC telah menerima aplikasi lebih dari 700 komunitas dari seluruh Indonesia.

AGF-BC CEC adalah kompetisi yang diadakan oleh British Council bekerja sama dengan Arthur Guinness Fund yang mengajak usaha-usaha sosial berbasis komunitas di Indonesia (baik yang baru ingin memulai usahanya maupun yang telah berjalan) untuk mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam serangkaian lokakarya, kesempatan berjejaring dan mendapatkan dana investasi hibah yang bernilai total hingga IDR 600 juta.

Hingga 50 usaha sosial berbasis komunitas akan mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam lokakarya 1 minggu bertema kewirausahaan sosial dan pengembangan usaha, serta berpartisipasi dalam eksebisi Inspiration Night yang diselenggarakan oleh British Council dan Arthur Guinness Fund termasuk di dalamnya adalah mahasiswa FMIPA UNS Tyas Utami Ningsih.

Community Enterprise Competition bertujuan mengembangkan suatu sistem pendukung yang berkelanjutan untuk para wirausahawan sosial berbasis komunitas yang beraspirasi memberikan manfaat nyata kepada komunitas secara berkelanjutan. (Humas Fakultas MIPA UNS).