UNS Solo Siap Rekrut Dosen Non-PNS

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Ravik Karsidi, MS menyatakan UNS siap merekrut tenaga pengajar atau dosen Non-PNS pascaditerbitkannya Surat Keputusan No. 379/UN27/KP/2012 tentang Dosen dan Tenaga Kependidikan Non-PNS.

“Jadi sejak SK itu turun, UNS bisa mempersiapkan diri untuk menerima dosen Non-PNS sesuai dengan mekanisme atau prosedur yang ada,” kata Ravik saat dijumpai wartawan pada hari Senin, 1 Oktober 2012 di Gedung Rektorat kampus setempat.

Dia menjelaskan, Non-PNS yang dimaksud adalah tenaga kontrak yang diambil dari praktisi dengan kualifikasi minimal S2. “Dosen yang sudah pensiun pun masih bisa ngajar asal memiliki kondisi fisik yang kuat untuk melaksanakan tugas-tugasnya,” imbuhnya.

Ravik menandaskan, pihaknya belum bisa memastikan kapan pendaftaran akan dibuka. Kendati demikian, jika dalam waktu dekat ada pembukaan, maka akan ada pembahasan lebih lanjut terkait jadwal, kualifikasi persyaratan, maupun mekanismenya.

UNS memiliki dosen sebanyak 1.618 orang yang mengajar sekitar 35.000 mahasiswa. Jumlah itu, dinilai Ravik belum ideal. Idealnya, untuk Program Studi (Prodi) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 1 dosen mengajar 30 mahasiswa dan untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 1 banding 25. (red-uns.ac.id).