Seminar Nasional, Lomba Desain, dan Peragaan Busana Lurik 2012

Lurik adalah jenis kain tenun yang sarat dengan berbagai makna. Sifatnya yang sederhana dan lekat dengan kehidupan keseharian masyarakat, mengandung berbagai kekuatan sacral, nasehat keluhuran, petunjuk kebajikan, dan harapan yang lebih baik dari apa yang ada saat ini. Lurik bahkan sering dikaitkan daur hidup (cycle life) manusia.

Tenun lurik memiliki sejarah yang sangat panjang di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Data-data prasasti, karya sastra, arca, dan relief candi menyuratkan bahwa tradisi tenun telah ada di Indonesia sejak pertengahan abad IX Masehi. Pada prasasti raja Erlangga (1033 Masehi) menyebutkan adanya kain tenun lurik tuluh watu. Hal ini diperkuat dengan temuan arca terracotta pada candi-candi di Trowulan Jawa Timur yang menggunakan kain tenun lurik (Museum Sonobudoyo-Yogyakarta). Cerita rakyat Sunda di daerah Parahiyangan tentang kisah Nyi Pohaci Sang Hyang Sri yang berubah menjadi alat tenun. Sementara, kapas diperoleh dari buah sakti dari Gunung Galuh.

Istitut Javanologi LPPM UNS bekerjasama dengan Yayasan Kertagama, dan Sritex bermaksud mengangkat tenun lurik ke permukaan agar lebih dikenal, tidak saja oleh masyarakat Jawa, namun juga ke seluruh nusantara, dan bahkan ke luar Negara dalam percaturan dunia internasional. Para pakar lurik dari Museum Tekstil Jakarta, desainer dan seniman lurik yang tergabung dalam himpunan perancang busana Indonesia juga terlibat aktif dalam acara ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Memberikan wadah dan ruang diskusi bagi penggalian dan pengembangan tenun lurik sebagai produk unggulan budaya nusantara dalam perspektig global.
  2. Meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap lurik sebagai produk budaya lokal yang memiliki kualitas nilai-nilai luhur tradisional kekinian.
  3. Mencari bentuk dan desain tenun lurik unggulan yang member citra dan karakter modern dengan tetap berakar pada nilai-nilai tradisi.

Lomba Desain Lurik, Seminar Nasional, dan Peragaan Busana Lurik merupakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan secara marathon dalam satu hari, adapun kronologi pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Desain Lurik (dapat dilihat di www.uns.ac.id.)
  2. Seminar Nasional Lurik Jawa dengan tema “Menggali dan Mengembangkan Tenun lurik sebagai Produk Unggulan Budaya Nusantara dalam Perspektif Global”, dengan pembicara dari pihak praktisi dan akademisi dari Museum Tekstil Jakarta bidang pertekstilan khususnya lurik.
  3. Pagelaran Seni bertema Lurik Jawa oleh seniman-seniwati Surakarta di barengi dengan Peragaan Busana Lurik Jawa 2012.

Tema kegiatan ini adalah “Penggalian Nilai, Pelestarian, dan Pengembangan Lurik Jawa sebagai bentuk Keragaman Cipta Budaya Bangsa Indonesia”, dengan sub tema antara lain:

  • Peran Dunia Usaha Tekstil Indonesia terhadap Upaya Pengembangan Lurik Jawa.
  • Kebijakan Pemda dan Pusat terhadap pelestarian dan pengembangan Lurik Jawa.
  • Perkembangan Lurik Jawa di Daerah, dari Waktu ke Waktu.
  • Upaya Pengembangan Lurik Jawa melalui Aplikasi Produk Kerajinan Masa Kini.
  • Masalah-masalah yang Dihadapi dalam Rangka Pengembangan Lurik Jawa.

Sasaran atau target peserta kegiatan adalah:

  • Praktisi dan Pengusaha Tekstil
  • Museum Tekstil Indonesia
  • Akademisi dan Peneliti
  • Birokrat pemangku kebijakan
  • Pengamat tekstil
  • Pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik
  • Budayawan
  • Jurnalis, dan
  • Kelompok masyarakat yang mempunyai ketertarikan terhadap Lurik Jawa.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Desember 2012 bertempat di Diamond Restaurant lantai 2, Jl. Slamet Riyadi Surakarta – Telp: (0271) 7961294 mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Keynote Speaker dalam acara ini adalah Iwan Setiawan Lukminto (Presiden Direktur PT. Sritex), sedangkan untuk pemakalah utama yaitu:

  1. H. Sunarna, S.E, M.Hum. (Bupati Klaten).
  2. Drs. Zaini Rais, M.Sn. (Kria FSRD ITB).
  3. Dra. Theresia Widiastuti, M.Sn. (Javanologi UNS).
  4. Ninik Maharani (Perancang dan Pakar Dokumentasi Lurik Jawa).

Tanggal-tanggal penting dalam kegiatan ini adalah:

  • 6 Oktober 2012 : Penyebarluasan leaflet acara.
  • 10 November 2012 : Tanggal terakhir penerimaan makalah.
  • 15 November 2012 : Pengumuman makalah lolos seleksi.
  • 25 November 2012 : Batas akhir pendaftaran peserta Seminar.
  • 5 Desember 2012 : Pelaksanaan seminar, Fashion Show, dan Penerimaan Hadiah Lomba Desain Lurik.

Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui alamat email berikut:

Format E-mail: Nama lengkap, Asal Sekolah/instansi, CV singkat.

  • Biaya pendaftaran (sudah termasuk seminar kit, sertifikat, dan makan siang), sampai dengan tanggal 25 November 2012 sebesar Rp 100.000,-.
  • Biaya pendaftaran sesudah tanggal 25 November 2012 sampai hari H sebesar Rp 150.000,-.
  • Sampai dengan tanggal 4 Desember 2012, pembayaran uang pendaftaran ditransfer ke rek. BRI: 6709-01-000701-50-9 a.n. Destria Anindita Puspitasari.

Alamat Sekretariat:

Kantor Institut Javanologi LPPM UNS

Gedung LPP-LPPM UNS Lantai 2

Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta 57126

Telp. (0271) 7961294

Kontak Person:

  1. Dra. T. Widiastuti, M.Sn. (0817255631)
  2. Taufiq Almakmun, S.S, M.A. (087836429425)
  3. Destria Anindita Puspitasari, S.S. (085741668350)

Makalah Pendamping:

Makalah diketik dalam kertas ukuran A4/kwarto, margin kanan-kiri dan atas-bawah 3 cm, font Times New Roman 12, spasi 1,5, makalah maksimal 20 halaman (termasuk abstrak, daftar pustaka, dan lampiran). Makalah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Makalah lengkap (full paper) dapat dikirim ke alamat E-mail Pendaftaran atau alamat secretariat Panitia (disertai CD). Setiap makalah yang dikirim harus disertai dengan biodata lengkap pemakalah (diketik terpisah dari makalah).

NB: Bagi peserta dari luar daerah yang membutuhkan penginapan, dapat memesan melalui panitia, biaya akomodasi ditanggung peserta. (Institut Javanologi LPPM UNS).