Seminar Internasional Reinventing Academic Library

UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, salah satu anggota FKP2TN (Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi), ditunjuk sebagai pelaksanan “Seminar Internasional Reinventing Academic Library: Menata Ulang Manajemen Perpustakaan Dalam Rangka Mendukung Perguruan Tinggi yang Berkeunggulan Global”, pada hari Selasa, 2 Oktober 2012 di Hotel Asia Solo. Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Sebelas Maret, yang diwakili oleh Pembantu Rektor IV, Dr. Widodo Mukti, S.E., M.Comm. Dalam seminar tersebut hadir 9 (sembilan) delegasi PERPUN (Persidangan Perpustakaan Universiti dan Negara) Malaysia, Pengurus FKP2TN, Kepala-kepala Perpustakaan perguruan tinggi se-Indonesia, pengelola perpustakaan sekolah, para pemerhati di bidang perpustakaan.

Dasar pemikiran dari seminar tersebut adalah pengelolaan organisasi perpustakaan di era global saat ini dan  mendatang  jelas berbeda dengan era sebelumnya. Pada era global, pengelolaan organisasi menuntut ketanggapan dan kemampuan adaptif dari para pengelola perpustakaan. Hal ini disebabkan begitu banyak perubahan yang terjadi dari lingkungan eksternal dan internal organisasi perpustakaan.

Dalam era global ditandai, antara lain: Pertama, adalah kompetisi yang semakin meningkat. Karena itu, perpustakaan yang tidak berusaha meningkatkan kinerja (kualitas produk baik berupa ‘good’ dan ‘service’) dan sumberdaya manusianya akan semakin tertinggal. Kedua, adalah ketidakpastian. Ketidakpastian akan masa depan organisasi seringkali menimbulkan kecemasan dan ketegangan-ketegangan, bahkan dapat pula menciptakan disorientasi. Ketiga, adalah perubahan. Organisasi perpustakaan hidup pada lingkungan yang senantiasa berubah: perkembangan IT, perkembangan kebutuhan informasi users (social trend), perubahan kebijakan, perkembangan ekonomi dsb. Fenomena global tersebut begitu terasa pada pengelolaan manajemen perguruan tinggi yang berorientasi pada World Class University (WCU). Oleh karena itu, fenomena perubahan tersebut haruslah diantisipasi dan dihadapi oleh perpustakaan,  dan hal ini diperlukan adanya Reinventing manajemen perpustakaan agar proses dan dampak dari perubahan tersebut mengarah pada titik positif dan berkontributif terhadap pencapaian visi perguruan tinggi.

Kemampuan perpustakaan melakukan reinventing sangat ditentukan oleh kemampuannya untuk berubah, menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan organisasi yang dihadapi atau menyesuaikan diri dengan perubahan potensial yang akan terjadi di masa mendatang. Kontribusi  perpustakaan dalam mendukung perguruan tinggi yang berkeunggulan global ditentukan oleh kemampuannya  dalam menciptakan perubahan dalam berbagai aktivitasnya.

Tujuan diselenggarakannya seminar internasional tersebut adalah:

  1. Dicapainya pemahaman tentang perlunya menata ulang manajemen perpustakaan yang lebih berkontribusif terhadap perguruan tinggi yang berkeunggulan global;
  2. Dirumuskannya langkah-langkah strategis reinventing academic library yang mendukung pencapaian visi perguruan tinggi;
  3. Dikembangkannya networking perpustakaan, baik secara nasional maupun internasional dalam rangka resources sharing informasi dan pengembangan SDM.

Adapun narasumber dalam seminar tersebut adalah:

  1. Amir Hussain Md. Ishak (Ketua PERPUN Malaysia)
  2. 2.    Dr. Hanief Saha Ghofiur (Staf Khusus Mendikbud)
  3. Dr. Sutanto, DEA. (Dosen Fakultas MIPA UNS)
  4. Drs. Koko Srimulyo, M.Si. (Ketua FKP2TN)

(UPT Perpustakaan UNS).