Mahasiswa Teknologi Pertanian UNS Gelar Festival dalam Rangka Hari Pangan se-Dunia

Dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2012, Mahasiswa Fakultas Pertanian yang tergabung dalam HIMAGHITA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian) UNS menyelenggarakan sebuah rangkaian acara bertajuk “HIMAGHITA – FESTIVAL 2012” pada tanggal 14-16 Oktober 2012.

Rangkaian Acara yang bertema ‘Traditional Snack as an Indonesian Culinary Heritage’ tersebut diawali dengan acara aksi pangan yang berupa kirap kesenian dengan iring-iringan penari dan gunungan berisi makanan tradisional di Jalan Slamet Riyadi Solo pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 yang merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kesehatan Pangan Solo. Di gelaran tersebut juga disertai dengan pembagian makanan gratis bagi pejalan kaki di Car Free Day Solo.

Pada hari berikutnya, yaitu 15-16 Oktober 2012 diadakan Bazaar pangan. Bazar yang diadakan di Halaman Gedung Fakultas Pertanian dengan tema  ‘Kelezatan Jajanan Pasar yang Mendunia’ ini berisi sekitar 12 stand makanan tradisional dengan beragam jenis makanan yang berbeda.

Selain Bazar, di hari yang sama diadakan juga Students Food Creativity Competition (CFCC) yang merupakan bentuk kompetisi karya tulis dalam bidang inovasi pangan untuk pelajar SMA/SMK sederajat se-Joglo Semar (Jogjakarta, Solo, dan Semarang). Dari 42 tim yang telah mengirimkan proposal karya tulis, hanya 30 tim yang akan diundang dalam acara CFCC di Fakultas Pertanian.

‘Pada acara CFCC, kami mengundang 30 tim dari peserta SMA dan SMA yang telah lolos seleksi juri sebelumnya, dan hanya 10 terbaik yang nantinya bisa mempresentasikan hasil temuannya,’ Ujar Ketua panitia HIMAGHITA-FESTIVAL 2012 Andika Ilham yang ditemui di sela-sela acara bazaar pada hari Senin, 15 Oktober 2012.

Andika berharap bahwa dengan diadakannya acara ini, mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengetahui bahwa pertanian adalah bidang yang luas, khususnya bidang pangan yang berkaitan langsung dengan keberlangsungan hidup manusia. Mahasiswa semester 5 tersebut menambahkan jika mahasiswa pertanian harus lebih percaya diri dan tidak terpengaruh oleh masyarakat yang memandang sebelah mata bidang ini. (red-uns.ac.id).