Kegiatan Bimbingan Teknis II Bagi UKM Tenant Inkubator Bisnis PSP-KUMKM LPPM UNS

Kegiatan Bimbingan Teknis II Bagi UKM Tenant Inkubator Bisnis PSP-KUMKM LPPM UNS

Pusat Studi dan Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS menyelenggarakan Bimbingan Teknis II bagi UKM Tenant yang bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dari tanggal 1 Oktober sampai dengan 4 Oktober 2012. Tujuan Bimbingan Teknis (Bimtek) II ini dititikberatkan pada peningkatan pemasaran. Diharapkan dari kegiatan Bimtek II dapat meningkatkan akses pemasaran produk UKM Tenant.

Kegiatan bimtek ini terselenggara atas kerjasama Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah dan Unit Inkubator Bisnis Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS. Dalam Bimtek II diberikan modul pelatihan yang dapat digunakan UKM Tenant dalam melakukan perluasan pasar. Modul terdiri dari : Modul 1 Pengembangan Kelembagaan dan Managemen Bisnis UKM, Modul 2 Pengembangan Value Chain ( Rantai Nilai ) Dalam Usaha, Modul 3 Desain Kemasan, Modul 4 Penyusunan Kesesuaian Produk dan pasar, Modul 5 Estetika Dalam Merk dan Pemasaran, Modul 6 Survey Pasar atau Pelanggan, Modul 7 E-commerce, Modul 8 Sertifikat Halal MUI,  Modul 9 Barcode, Modul 10 Franchise / Kemitraan Bisnis, Modul 11 Negosiasi dan Perjanjian Bisnis, Modul 12 Promosi Produk.

Rangkaian dari Bimtek II ini dilaksanakan studi banding ke tiga UKM yang berada di Kota Jogjakarta. Ketiga UKM ini memiliki usaha yang berbeda-beda, yaitu  UD. Cokro Joyo Pupuk Organik Granule yang memiliki usaha yang bergerak di pemasaran sarana produksi pertanian,  Bakpia Pathok 25 dan Cokro Telo Cake yang bergerak di makanan oleh-oleh khas daerah. Studi banding dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2012. Diharapkan hasil studi banding dapat menambah wawasan para UKM Tenant dalam mengembangkan usahanya terkait dengan perluasan pemasaran. (LPPM UNS).