FMIPA UNS Menambah Delapan Doktor Baru

Fakultas MIPA UNS kembali menambah doktor sebanyak 8 (delapan) orang dosen yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Kedelapan doktor baru tersebut adalah:

  1. Dr. Dewi Retno Sari S, S.Si. M.Kom.
  2. Khairuddin, S.Si., M.Phil.,Ph.D.
  3. Dr. Triana Kusumaningsih, S.Si., M.Si.
  4. Dr. Desi Suci Handayani, S.Si., M.Si.
  5. Khoirina Dwi N, S.Si., M.Si.
  6. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si.
  7. Teguh Endah Saraswati, S.Si, M.Sc., Ph.D.
  8. Dr. Tetri Widiyani, S.Si., M.Si.

Sudah menjadi tradisi di FMIPA, bahwa setiap doktor baru yang telah menyelesaikan studi lanjut harus menyampaikan orasi ilmiah di depan sivitas akademika. Demikian pula pada hari Senin, 8 Oktober 2012 kemarin, ke delapan doktor baru tersebut juga menyampaikan orasi ilmiahnya dibarengkan dengan acara puncak Dies Natalis XVI.

Acara yang dilangsungkan di Aula Gedung B FMIPA dimulai pukul 09.00 WIB dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama tampil menyampaikan orasi ilmiah tiga doktor baru yaitu: Dr. Teguh Endah Saraswati, S.Si, M.Sc., Ph.D dengan judul materi “Surface Modification of Graphite-Encapsulated Iron Compound Magnetic Nanoparticles by Radio Frequency Inductively-Coupled Plasma for biomolecules immobilization“. Sedangkan dua doktor lainnya adalah Dr. Desi Suci Handayani, S.Si., M.Si. dan Dr. Khoirina Dwi N, S.Si., M.Si. yang masing-masing menyampaikan orasi dengan judul “Sintesis Poli-5-allikaliks[4]arena Dan Turunan Ester Asam Karboksilatnya Sebagai Adsorben Dan Antidotum Keracunan Logam Berat” dan “Preparasi Dan Karakterisasi Katalis Berbasis Logam Ni, Co Dan Mo Yang Diembankan Pada Ultra Stable Y Zeolite (usy) Untuk Reaksi Hidrodesulfurisasi Tiofen”.

Sementara pada sesi kedua tampil tiga doktor baru lainnya yaitu: Khairuddin, S.Si., M.Phil.,Ph.D. (“Biodegradable PVOH nanocomposites: competitive adsorption of PVOH and plasticizers onto Na-bentonite”), Dr. Dewi Retno Sari S, S.Si. M.Kom. (“Model Curah Hujan Aditif-Vector Autoregressive Exogenous untuk Prediksi Curah Hujan di Indramayu”), Dr. Triana Kusumaningsih, S.Si., M.Si. (“Sintesis Resin Poli-Kaliks[4]Arena Dari P-T-Butilfenol Dan Pemanfaatannya Sebagai Adsorben Serta Antidotum Keracunan Logam Berat”)

“Maka dengan bertambahnya delapan doktor baru, sampai saat ini FMIPA telah memiliki tenaga edukatif yang bergelar doktor sebanyak 39 dari 131 dosen. Ini artinya hampir 30% tenaga pengajar di FMIPA lulusan S3. Apalagi ditambah dengan dosen yang saat ini sdang studi lanjut baik di dalam maupun luar negeri sebanyak 34 orang, maka prosentase tenaga pengajar yang bergelar doktor pada tahun depan akan lebih banyak lagi”, demikian dikatakan PD II FMIPA UNS Dr. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D pada sambutan penutupan acara puncak Dies Natalis XVI Fakultas MIPA UNS. (Humas Fakultas MIPA UNS).