Bersih Kampus dan Tanam Pohon, Aksi Nyata FMIPA Dukung Green Campus

Sebagai aksi nyata mendukung program Green Campus, Fakultas MIPA UNS mengadakan acara bersih kampus dan penanaman pohon. Acara yang dikemas bersamaan dengan jalan sehat dalam rangka Dies Natalis FMIPA XVI diikuti oleh warga FMIPA yang terdiri dari dosen, karyawan dan mahasiswa.

Pada Jum’at, 5 Oktober 2012 ketika matahari masih memancarkan sinar sehatnya ratusan warga MIPA melakukan senam sehat. Pada sambutan pengarahan setelah senam, Pembantu Rektor II UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum mengatakan, “Selamat dan sukses kepada FMIPA yang merayakan ulang tahunnya ke-16. Semoga MIPA semakin jaya, menjadi pelopor dalam memajukan ilmu pengetahuan di tingkat lokal maupun nasional..”

Setelah senam, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc. Ph.D selaku profesor baru FMIPA. Penanaman pohon ini, disamping mendukung program green campus juga dimaksudkan sebagai upaya melestarikan tanaman langka.

Setelah penanaman pohon, dilanjutkan dengan jalan sehat mengelilingi kampus. Para peserta masing-masing dibekali dengan tas plastik dan satu botol air 600 ml. Tas plastik dimaksudkan untuk menampung sampah yang diambil peserta sebagai upaya bersih kampus. Diharapkan, setiap menemui sampah peserta mengambilnya dan untuk selanjutnya ditampung di tempat penampungan.

Sedangkan botol air 600 ml, dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian warga MIPA terhadap tanaman. Karena pada dies kali ini FMIPA mencanangkan “one small bottle a day” satu botol kecil setiap hari untuk disiramkan kepada tanaman. Perlu diketahui bahwa pada saat program ini dicanangkan, masih musim kemarau dan belum turun hujan. Sehingga siraman yang kita lakukan sangat berarti bagi tanaman.

Acara diakhir dengan lomba olahraga ceria dan pembagian doorprize. Lomba olahraga ceria terdiri dari lomba mini volli dan permainan gobak sodor antar jurusan dan karyawan. Lomba mini volli dengan memakai sarung. Karena disamping sebagai sarana olah raga, perlombaan ini juga dimaksudkan sebagai sarana hiburan. Keluar sebagai juara I adalah tim karyawan, sedangkan juara II tim dari jurusan biologi.

Sedangkan permainan gobak sodor dimaksudkan sebagai sarana untuk menghidupkan dan melestarikan permainan tradisional, ditengah maraknya permainan modern. Sebagai pemenang permainan ini adalah tim karyawan dan juara II diraih oleh tim jurusan fisika. Rangkaian acara diakhiri dengan pembagain door prize. (Humas FMIPA UNS).