Pelepasan Lulusan D-3 Teknik Informatika FMIPA UNS

“Saat ini peluang kerja di bidang IT sangat terbuka luas. Karena semua instansi, baik negeri maupun swasta membutuhkan yang namanya tenaga IT. Untuk itu para lulusan D-3 Teknik Informatika FMIPA tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan.” demikian sambutan pengarahan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc.(Hons)., Ph.D pada acara pelepasan lulusan D-3 Teknik Informatika di Aula Gedung B FMIPA UNS.

Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 27 September 2012 diikuti sebanyak 138 lulusan, dimana 15 diantaranya berpredikat cumlaude (lulus dengan pujian). Sampai saat ini D-3 Teknik Informatika telah meluluskan sebanyak 1.127 lulusan yang tersebar diberbagai instansi baik negeri maupun swasta.

Pada kesempataan tersebut juga diberikan penghargaan sebagai bentuk apresisasi atas prestasi yang diraih pada masing-masing bidang. Untuk lulusan yang meraih penghargaan dengan predikat Tugas Akhir terbaik bidang Hardware dan Jaringan adalah Sofyan Afandy.  Sedangkan bidang Sistem Informasi dan Multimedia masing-masing diraih oleh Yuniko Dwi Anggoro dan Dhika Prihantono. Untuk penghargaan sebagai lulusan dengan indeks prestasi Soft Skill tertinggi adalah Yuniana Cahyaningrum.

Perlu diketahui bahwa Dhika Prihantono selain memperoleh penghargaan Tugas Akhir terbaik bidang Multimedia, juga memperoleh Juara 4 pada lomba Indonesia ICT Award 2012 (INAICTA 2012) untuk kelas Student Perguruan Tinggi dengan judul “Aplikasi Peraga Tata Surya Berbasis Teknologi Augmented Reality”.

Saat ini, INAICTA 2012 adalah ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-6, INAICTA diselenggarakan untuk mendorong terus berkembangnya produk-produk TIK lokal dibarengi dengan peningkatan kualitasnya. Tidak hanya bagi pengembang perseorangan, tapi juga bagi perusahaan-perusahaan lokal. Harapannya agar nantinya para pengembang dan perusahaan lokal tersebut dapat tumbuh semakin banyak dengan tingkat kualitas yang juga semakin tinggi sehingga dapat menjadi penopang daya saing ekonomi nasional. (Humas FMIPA UNS).