Beasiswa Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Solo (Maksi FE UNS) terhadap perkembangan bidang akuntansi pemerintahan sektor publik dan aksesibilitas pendidikan lanjutan untuk masyarakat maka sejak tahun 2007 Maksi FE UNS bekerjasama dengan Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menyelenggarakan Program Beasiswa Unggulan bagi mahasiswa Pasca Sarjana Strata Dua (S2) bidang akuntansi sektor publik (akuntansi pemerintahan) bagi Pegawai Negeri Sipil, Guru dan Umum.

Sampai dengan tahun 2011 tercatat lebih dari 150 mahasiswa Maksi FE UNS menerima dan memanfaatkan beasiswa tersebut dan telah lulus serta tersebar di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Sementara sampai dengan bulan Agustus 2012 sejumlah 48 beasiswa telah diajukan dan disetujui BKLN Kemendikbud RI sebagai penerima beasiswa unggulan.

Selain beasiswa unggulan tersebut di atas tahun 2012 Maksi FE UNS juga memberikan beasiswa institusi bagi 8 orang guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Solo Raya dan sekitarnya dengan harapan semakin bertambahnya jenis dan kuantitas penerima beasiswa ini akan semakin memperluas aksepsibilitas pendidikan pasca sarjana bagi masyarakat.

Kedua beasiswa tersebut telah diserahkan pada hari Sabtu 8 September 2012 sekaligus bersamaan dengan diadakannya acara seminar nasional dalam rangka Orientasi Mahasiswa Baru Maksi (Osmaru) Maksi FE UNS yang mengambil tema “Peraturan Pemerintah Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Mengenai Akuntan dan Jasa Penilai serta Kapita Selekta Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) tahun 2011 dan 2012” yang bertempat di aula FE UNS. Seminar ini dihadiri oleh pembicara dari Pusat  Pembinaan Akuntan dan Jasa Nilai (PPAJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Dewan Penyusun Standar Akuntansi Keuangan dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Pusat. Seminar ini adalah hasil kerja sama Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Solo (Maksi FE UNS) dengan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (Humas Fakultas Ekonomi UNS).