Voca Erudita UNS Kembali Bukukan Juara Internasional

Setelah meraih tiga gelar Grand Champion pada event 4th Grand Prix Pattaya 2011 di Thailand, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita (VE) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembalikan kukuhkan diri sebagai Juara Umum pada gelaran Bali International Choir Festival (BICF) 2012 di Bali, 5-10 Agustus 2012, belum lama ini. VE UNS berhasil menyisihkan ratusan tim paduan suara dengan ribuan peserta dari pelbagai belahan dunia.

Dari 10 kategori yang dilombakan, VE UNS berhasil meraih 3 Grand Champion untuk kategori: Folklore atau lagu daerah, Mix Choir, dan Pop and Jazz. Untuk kategori Folklore, VE UNS melantunkan lagu Ondel-Ondel dan Toki Tifa dari Ambon hasil Aransemen Wahyu Purnomo.

Lalu, untuk kategori Mix Choir, VE UNS menyanyikan lagu berbahasa Jerman Jagglied dan Gloria 3 dengan bahasa Latin. Pada kategori Pop and Jazz,  VE UNS menampilkan Roman Picisan milik grup band Dewa dan Chili Corn Carne yang merupakan lagu jazz dari Barat.

“Dari 10 kategori kami ikut 3 kategori, yakni: Mix Choir, Folklore, dan Pop and Jazz. Dari ketiganya kami mendapat Gold Medal Championship di masing-masing kategori dengan nilai 93,5, 94,5, dan 92,5,” tutur Ketua PSM Voca Erudita UNS Karmelita Agni Ayu Pratiwi saat ditemui di Ruang Humas dan Kerjasama UNS pada hari Senin, 13 Agustus 2012.

Setelah memenangi 3 kategori yang diikutinya, VE UNS lantas mengikuti puncak kompetisi dalam Winner Concert untuk memperebutkan Grand Prix Championship, Juara dari para Juara. “Untuk pertama kalinya kami menyabet juara Grand Prix dalam BICF ini dan ini juga kedua kalinya kami mengikuti kompetisi itu. Kami tidak menyangka akan mendapatkannya, padahal peserta lainnya banyak yang bagus terutama dari Kupang yang bernama Mazmur Chorale,” ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Tiwi itu berharap, dengan kemenangan spektakuler ini dapat menaikkan nama Voca Erudita maupun nama UNS di tingkat dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, Pembina PSM Voca Erudita UNS Solo Susy Susmartini menambahkan bahwa Voca Erudita yang telah merambah internasional sejak tahun 2002 lalu ini dapat terus meningkatkan prestasinya dari tahun ke tahun. “Target kami setidaknya mendapatkan yang terbaik bagi UNS,” tutur Susy.

Dari Gelaran BICF 2012 tersebut, PSM Voca Erudita UNS Solo mendapatkan 4 piala dengan 3 piala Grand Champion, 1 piala Grand Prix Championship, 3 medali, dan 3 sertifikat. (Tim Web UNS).