Rektor UNS Kembali Lantik 5.541 Mahasiswa Baru

Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melantik 5.541 mahasiswa baru program S-1 dalam Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/2013, pada hari Kamis, 9 Agustus 2012 di Halaman Gedung Rektorat UNS.

Menurut laporan Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS Prof. Dr. Sutarno, M.Sc., Ph.D.menyatakan bahwa seleksi dilaksanakan melalui empat jalur, meliputi: SNMPTN Jalur Undangan, SNMPTN Jalur Ujuan Tulis, SPMB Swadana, dan SPMB Jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

Dia menambahkan bahwa terdapat 4 mahasiswa Warga Negara Asing dan 7 orang program Afirmasi dari Provinsi Papua dan Papua Barat yang seleksinya dilaksanakan tersendiri.

Sutarno menjelaskan, hasil SNMPTN untuk Jalur Undangan, UNS menerima 946 mahasiswa dari total peminat berjumlah 26.043 dengan tingkat keketatan persaingan mencapai 3,96 persen.

Sementara untuk jalur Ujian Tulis, dari 37.917 peminat yang dinyatakan diterima dan registrasi sebanyak 2.803 dengan tingkat keketatan persaingan 8,19 persen. Jalur Swadana dari peminat 20.911 dinyatakan diterima dan registrasi berjumlah 1.686 dengan tingkat keketatan 5,60 persen.

Jalur UMB-PT untuk seleksi mahasiswa pada dua prodi baru yakni Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) dan Hubungan Internasional (HI) diminati calon mahasiswa sebanyak 2.911 dan yang dinyatakan diterima dan registrasi sebanyak 106 mahasiswa dengan tingkat persaingan 7,32 persen.

Pria yang juga menjabat Pembantu Rektor I UNS itu mengakui, “Kualitas calon mahasiswa UNS secara nasional yang diterima melalui SNMPTN Jalur Ujian Tulis sangat baik, untuk program studi kelompok IPA menduduki ranking 9 dan kelompok IPS menduduki rangking 7 dari 60 perguruan tinggi negeri di Indonesia,” tutur Sutarno.

Pada kesempatan itu Sutarno melaporkan pula bahwa UNS menerima mahasiswa Beasiswa Bidik Misi sebanyak 950 orang. “Kepada yang bersangkutan akan diberikan beasiswa sebesar Rp 6 juta per semester atau dengan rincian Rp 2,4 juta untuk biaya Pendidikan dan 3,6 juta untuk biaya hidup,” pungkasnya.

Dalam pengarahannya, Rektor berpesan kepada mahasiswa baru agar belajar dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi almamater. (red-uns.ac.id).