Orientasi Mahasiswa Baru Fakultas MIPA UNS Program Sarjana Tahun 2012/2013

Setelah melalui rangkaian acara pelantikan Mahasiswa Baru UNS, selama tiga hari mulai tanggal 9-11 Agustus 2012 Mahasiswa Baru Fakultas MIPA UNS yang berjumlah 419 menjalani studi pengenalan kampus yang lebih dikenal dengan Orientasi Mahasiswa baru (Osmaru).

Mahasiswa baru FMIPA terdiri dari:

  • Jurusan Matematika sejumlah 99 mahasiswa
  • Jurusan Fisika sejumlah 84 mahasiswa
  • Jurusan Kimia sejumlah 87 mahasiswa
  • Jurusan Biologi sejumlah 83 mahasiswa
  • Jurusan Informatika sejumlah 66 mahasiswa

Orientasi Mahasiswa baru FMIPA UNS secara resmi dibuka oleh Dekan Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc (Hons), Ph.D. Acara berlangsung pada hari Kamis, 9 Agustus 2012 di Ruang Aula Gedung B pada pukul 14.00 WIB dengan penyerahan tanda pengenal Osmaru kepada perwakilan mahasiswa putra dan putri. Pada sambutan pembukaan Osmaru Dekan FMIPA UNS mengucapkan Selamat Datang di kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS. Pada pemaparan materi Dekan menjelaskan tentang sejarah FMIPA UNS dengan terlebih dahulu memperkenalkan pimpinan fakultas mulai dari pembantu Dekan 1, 2 dan 3, pimpinan jurusan dan pimpinan tenaga kependidikan yang harus dikenal oleh Mahasiswa baru.

Pada hari kedua tgl. 10 Agustus 2012 selama satu hari mahasiswa diperkenalkan dengan suasana dan lingkungan di masing-masing jurusan antara lain kurikulum jurusan, pengenalan dosen, pembagian pembimbing akademik dll.

Pada hari ke-3, Osmaru dipusatkan pada pembekalan  mahasiswa baru tentang berbagai aturan-aturan dan tata tertib sebagai mahasiswa di FMIPA UNS antara lain :

  1. Bidang 1 : tentang akademik (kurikulum, KRS, KHS, penudaan kuliah dsb)
  2. Bidang 2 : tentang Sarana dan prasarana kampus serta sumber daya yang ada di FMIPA UNS termasuk Keuangan dan kepegawaian.
  3. Bidang 3 : Tentang kemahasiswaan.

Osmaru Tahun 2012 yang berlangsung dari pukul 07.00 – 17.00 WIB secara umum berlangsung dengan baik dan lancar tidak ada kejadian diluar batas. Walaupun sebagian besar peserta sedang menjalani ibadah puasa tetapi mahasiswa tetap semangat mengikuti acara demi acara yang diberikan oleh panitia osmaru. (Fakultas MIPA UNS).