LAZIS UNS Wadahi Mahasiswa untuk Berbagi

Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodaqoh (LAZIS) UNS wadahi antusiasme mahasiswa UNS untuk berbagi dengan sesama. Kepedulian itu diwujudkan dalam bentuk program beasiswa dengan menggunakan konsep adik asuh dan kakak asuh.

Hal itu disampaikan oleh Ketua LAZIS UNS Usman Sujarmadi saat diwawancarai KONTAK pada hari Senin, 6 Agustus 2012 di Gedung Rektorat UNS. Ia menjelaskan, melalui program itu LAZIS telah menyerahkan beasiswa sebesar Rp 60.900.000,00 belum lama ini.

Usman menuturkan, beasiswa yang dijalankan LAZIS berbeda dengan beasiswa yang biasanya ada. LAZIS memberikan kesempatan kepada para kakak asuh (donatur) untuk langsung berpartisipasi mendampingi adik asuhnya.

“Jadi para kakak asuh juga bisa ikut mendampingi adik asuhnya secara langsung. Bahkan beberapa kakak asuh ada yang memiliki tiga adik asuh,” ungkapnya.

Ia menambahkan, adik asuh yang menjadi sasaran beasiswa adalah siswa SD, SMP, dan SMA se-Surakarta. Untuk mendapatkan data itu, LAZIS bekerja sama dengan Taman Pengajian Alquran (TPA) setempat. Di TPA itu pula para kakak asuh turut mendampingi belajar serta memantau perkembangan adik asuhnya.
Secara khusus, beasiswa LAZIS ditujukan untuk para kaum dhuafa. Namun, pihaknya tidak membatasi hanya untuk mereka yang berprestasi saja. “Justru sebaliknya, yang tidak berprestasi itu juga perlu kita bantu. Mungkin setelah dibantu prestasinya akan meningkat. Jika tidak, tentu akan diadakan evaluasi dimana kekurangannya,” papar Usman.
Untuk itu, Usman menegaskan, LAZIS rutin melakukan evaluasi terhadap perkembangan adik asuhnya setiap satu semester sekali. Dalam evaluasi itu hadir pula orang tua adik asuh untuk memberikan laporan perkembangan anaknya.
“Banyak case justru menunjukkan perkembangan yang posisif. Karena selain pemberian beasiswa, pendampingan yang dilakukan kakak asuh pun membantu belajar para siswa yang menjadi adik asuh,” ujarnya.

Saat ini LAZIS UNS memiliki 411 orang kakak asuh dengan penerima beasiswa berjumlah sekitar 400-an siswa. Besar nominal beasiswa untuk SD berjumlah Rp 25.000/anak/bulan, SMP Rp 50.000/anak/bulan, dan SMA Rp 75.000/anak/bulan yang diterimakan selama satu semester. (Tim Web UNS).