UNS Perpanjang MoU dengan Kabupaten Boyolali

Universitas Sebelas Maret (UNS) ajukan draf perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) kepada Pemerintah Kabupaten Boyolali pada hari Selasa, 24 Juli 2012 di Kantor Bupati Boyolali, Boyolali.

Draf tersebut berisi tentang peningkatan pembangunan di Kabupaten Boyolali melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi UNS. Hal itu dinilai penting, apalagi, kini, sejalan dengan pasal 48 ayat 2 Undang-undang Perguruan Tinggi (UU PT) yang menyatakan bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat mendayagunakan Perguruan Tinggi sebagai pusat Penelitian atau Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Kerjasama itu mencakup hal-hal, seperti:

  • penyusunan peraturan daerah (perda) yang membutuhkan tenaga ahli dari PTN terkait
  • penempatan tenaga medis di rumah sakit dari Fakultas Kedokteran UNS
  • penempatan mahasiswa PKL.

“Kedekatan UNS dengan Boyolali sudah lama misal dalam kerjasama di bidang KB. Perda di Boyolali juga dikerjakan oleh tim ahli dari UNS. Kami tidak ingin kerjasama hanya itu saja,” kata Bupati Boyolali Drs. Seno Samudro kepada rombongan UNS.

Seno berharap, UNS dapat berpartisipasi dalam program Pemkab Boyolali untuk menghijaukan kotanya. Pemkab Boyolali berencana menanam 1 juta pohon termasuk di dalamnya pohon langka seperti cendana.