Pengukuhan Ir. Ari Handono Ramelan, MSc.(Hons), Ph.D, Sebagai Guru Besar Ke-7 di FMIPA UNS

Pada hari Rabu, 18 Juli 2012 merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh civitas akademika FMIPA UNS dengan dikukuhkannya Dekan FMIPA UNS Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, MSc.(Hons), Ph.D. sebagai Guru Besar dalam acara Sidang Senat Terbuka yang berlangsung di Auditorium UNS.

Dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam tersebut, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, MSc.(Hons), Ph.D dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Material Semikonduktor pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Beliau merupakan guru besar ke-7 di FMIPA UNS.

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul “Peranan Material Semikonduktor Dalam Penghematan Energi dan Peningkatan Kesejahteraan Manusia”, beliau menyampaikan bahwa sudah saatnya manusia menggunakan sumber energi berupa sel surya yang berasal dari matahari. Selain mudah diperoleh, tingkat efisiensi dari sumber energi sel surya dapat mencapai 35%. Material semikonduktor adalah merupakan bahan utama untuk pembuatan lampu penerangan (solid-state lighting) yang sangat hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu material semikonduktor juga untuk pembuatan sel surya (solar cell) yang merupakan salah satu sumber energi terbarukan dan relatif tidak mencemari lingkungan.

Berkat kegigihan dan ketekunan dalam menekuni bidang ilmunya, saat ini beliau telah berhasil mendapatkan dua buah hak paten yaitu, Sensor gelombang ultrasonic (hydrophone) dengan bahan kopolimer piezoelektrik VF2/VF3 sebagai elemen aktif. (No Paten : ID-050.0209) dan sel surya melalui penyisipan lapisan insulator Ga2O3. (No Paten: P00200600071)

Setelah membacakan pidato pengukuhan, dilakukan pembacaan surat keputusan penetapan Guru Besar dilanjutkan dengan pengalungan samir atribut Guru Besar oleh ketua Senat / Rektor UNS sebagai anggota Senat Universitas. Setelah pengalungan samir, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Senat Universitas yang merupakan Rektor UNS, Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S, dan doa bersama sebelum dilakukan penutupan dilanjutkan dengan acara ramah tamah. (Fakultas MIPA UNS).