UNS Diundang Gelar Budaya di Thailand

Universitas Sebelas Maret (UNS) mendapatkan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam pentas budaya yang akan diselenggarakan Yala Rajabhat University (YRU) di Thailand Oktober mendatang. Demikian salah satu hasil diskusi pimpinan YRU Prof. Nirunkiat Livkunupakarn dengan Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS bersama seluruh jajaran pimpinan UNS, Kamis (5/4).

“Mereka tertarik dengan UNS sebagai perguruan tinggi di kota pusat budaya. Apalagi sekarang ini UNS sudah mendapatkan pengakuan di dunia internasional,” kata Ravik seusai pertemuan. Gelar budaya tersebut rencananya akan menyajikan pentas wayang kulit, tari tradisional Jawa, dan pameran karya seni bernuansa Jawa.

Pembantu Rektor I Prof. Drs. Sutarno, M.Sc menambahkan, “YRU juga akan mengundang satu perguruan tinggi lain dari Indonesia serta beberapa perguruan tinggi dari Malaysia dan Thailand.” YRU dan UNS juga menyepakati untuk melakukan kerja sama saling tukar pakar untuk menjadi mitra bestari pada jurnal yang dikelola masing-masing universitas. Karena dinilai sangat maju, YRU dan UNS sepakat untuk melakukan penelitian bersama khususnya pada bidang budaya, ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan, dan ilmu sains. Selain itu, YRU juga akan mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti beberapa mata kuliah di UNS.

“Saat ini, tercatat ada lima mahasiswa asal Thailand. Mereka sedang memnempuh S-2 di berbagai program studi,” kata Sutarno.