Jambore Anak Islam LAZIS UNS Dengan FORSIPA

LAZIS UNS bekerjasama dengan FORSIPA (Forum Silaturahim TPA) Jebres telah mengadakan Jambore Anak Islam (JAMAIS) VI pada hari Jumat-Minggu, 29 Juni – 1 Juli 2012 yang bertempat di Stadion UNS. Pada JAMAIS VI ini diikuti oleh 62 tenda 512 anak yang berasal dari 35 TPA/TPQ yang berasal dari Kota Surakarta dan juga daerah lain seperti Karanganyar dan Sukoharjo.

JAMAIS merupakan agenda rutin tahunan yang merupakan ajang silaturahim TPA yang dikemas dalam kegiatan perkemahan santri. Namun kegiatan JAMAIS kali ini dibuat konsep yang berbeda dari JAMAIS sebelumnya. Dalam JAMAIS kali ini kegiatan lebih menekankan pada pembentukan kebiasaan baik bagi peserta jadi meminimalisir perlombaan dan kompetisi. Kegiatan JAMAIS dikemas dalam zona-zona yaitu sebagai berikut: zona pembiasaan, zona kreativitas, zona permainan tradisional, zona empati, zona kecakapan dan zona pembekalan diri.

Selain itu dalam JAMAIS kali ini semua peserta juga mendapatkan buku saku yang berisi standar kecakapan santri yang diujikan dalam zona kecakapan. Buku saku ini berisi poin-poin materi yang diajarkan di TPQ. Selain itu peserta yang sudah dinyatakan cakap juga mendapatkan tanda kecakapan.

Adapun peraih juara umum pada JAMAIS VI ini adalah sebagai berikut:

  1. TPQ Ar Rahman Kandangsapi
  2. TPQ Al Muhajirin Pucang Sawit
  3. TPQ Al Muttaqin Mojosongo

[LAZIS UNS]