Tim Pengabdian FMIPA UNS Memenangkan Grant Tanoto Foundation for Education 2012

Hari Pendidikan Nasional tahun 2012 menjadi berkah tersendiri bagi tenaga penggerak pendidikan FMIPA UNS yang menerapkan praktek atau konsep belajar secara inovatif, kreatif, dan kritis.  Tim pengabdian MIPA UNS berhasil menjadi salah satu penerima hibah sebesar Rp 50 juta yang diprakarsai oleh Tanoto Foundation melalui program Tanoto Education Grant (TEG). Pemberian hadiah secara simbolis tersebut langsung diserahkan oleh Mendikbud, Muhammad Nuh, yang didampingi Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto.

Pada hari Jum’at tanggal 4 Mei 2012 di Gedung Kemendikbud Jakarta, diumumkan dan penye-rahan dana hibah bagi pemenang program Tanoto Education Grant masing-masing sebesar Rp 50 Juta. Ada 3 kategori yang dilombakan yaitu :

  1. Kategori praktik atau konsep belajar inovatif/ kreatif/ kritis.
  2. Kategori pelatihan guru.
  3. Kategori penelitian dan studi kebijakan pendidikan.

Ketua Dewan Juri TEG, yang juga pemerhati pendidikan, Anita Lie menjelaskan sejak diluncurkannya November 2011, TEG menerima 302 proposal dari seluruh Indonesia. Proses seleksi terdiri dari verifikasi dokumentasi, blind review proposal dan verifikasi lapangan oleh tim seleksi. Setelah 9 finalis mempresentasikan proposalnya kata dia, dipilih tiga pemenang dari tiga kategori berbeda.

Pemenang kategori praktik atau konsep belajar inovatif, mengajukan karyanya dengan judul Pengajaran inovatif berbasis “Education and Conservation for Health” sebagai blue print upaya penyelamatan dan lingkungan dengan pendidikan pengembangan tanaman obat dan sayuran organik bagi siswa sekolah di Kecamatan Tawangmangu dari FMIPA UNS dengan ketua pelaksana Anif  Nur Artanti, S.Farm. Apt. dibawah bimbingan Pembantu Dekan I FMIPA UNS  Dr. Sutanto DEA.   [FMIPA UNS]