MoU FMIPA UNS dengan PTRKN BATAN

Pada hari Kamis, 3 Mei 2012 bertempat di Aula Gedung B FMIPA UNS telah ditandatangani MoU antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta (FMIPA-UNS) dengan Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir Badan Tenaga Nuklir  Nasional (PTRKN-BATAN). MoU ditandatangani oleh Prof. Ari Handono Ramelan, M.Sc (Hons), Ph.D. selaku Dekan FMIPA UNS dan Dr. Setiyanto, M. Sc selaku Kepala PTRKN-BATAN.

Kerjasama tersebut dalam Bidang Pendidikan dan Riset Fisika Reaktor Nuklir. PTRKN-BATAN memberikan fasilitas kerjasama berupa :

  1. Menyediakan sumber daya manusia untuk melakukan bimbingan teknis dan akademis dalam bidang Fisika  Reaktor.
  2. Memberikan hak guna/pakai paket program komputer analisis fisika reaktor nuklir ke FMIPA UNS.
  3. Paket program komputer seperti dimaksud pada butir (2) terdiri atas: MCNP-4C2 (perhitungan neutronik dan perisai radiasi), SRAC-2006 (perhitungan Fisika Reaktor), WIMSD-5B (perhitungan Fisika Reaktor), NATCON (perhitungan sistem perpindahan panas reaktor) dan CADREM (perhitungan perisai radiasi reaktor).
  4. Hak Guna/pakai seperti tertulis pada butir (2) terbatas untuk kepentingan riset akademisi di FMIPA UNS.

FMIPA UNS memberikan fasilitas berupa :

  1. Menyediakan kurikulum pendukung untuk implemen-tasi pendidikan dan riset bidang Fisika Reaktor Nuklir.
  2. Mengimplementasi penggu-naan paket program yang dimaksud pada Pasal 2 untuk penelitian mahasiswa (skripsi, thesis dan disertasi).

Sebagai action pertama, sesudah penandatangan MoU dilangsungkan kuliah umum oleh Nara sumber dari BATAN, yaitu:

  1. Prof. Surian Pinem
  2. Prof. Y Sarjono
  3. Dra. Endias Puji Hastuti, M.Sc
  4. Tagor Malem Sembiring, M.Sc

Kuliah umum dihadiri oleh tidak kurang dari 150 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa FMIPA UNS. Bagi civitas Akademika FMIPA UNS yang ingin mengakses Paket Program (3) di  atas dapat menghubungi Drs. Suharyana, M. Sc  (Jur. Fisika).   [FMIPA UNS]