FISIP UNS adakan Seminar Nasional Caracter Building

Dalam rangka mengembangkan kehidupan mahasiswa di kampus dalam suasasna yang dinamis, kreatif dan inovatif dan hubungan alumni yang memberdayakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bidang III bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa FISIP UNS telah menyelenggarakan Seminar Nasional Caracter Building dengan tema “Membangun Karakter Mulia Pemimpin Muda Menuju Indonesia Bermoral dan Beretika” yang diselenggarakan hari Selasa, 15 Mei 2012 mulai pukul 08.00 – 13.30 WIB bertempat di Aula FISIP UNS.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh  keprihatinan atas banyaknya orang yang pandai tetapi justru menggunakan kepandaiannya untuk melakukan hal yang tidak sesuai dengan nilai, norma serta peraturan yang berlaku misalnya tindakan korupsi. Hal ini berkaitan dengan karakter diri. Karakter adalah sifat yang dibawa oleh masing-masing individu yang mengarah pada perilaku  individu dan budi pekerti seseorang. Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan memiliki jiwa intelektual, berahklak mulia dan sifat yang tepuji untuk itu sebagai pembekalan kepada mahasiswa khususnya di FISIP UNS dipandang perlu memberikan pendidikan karakter ini.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar nasional tersebut : 1) Sabrang Mowo Damar Panuluh (baca : Noe salah seorang personel grup band LETTO); 2) Fatkhuruddin Rushibani, SHI (Ketua Kaderisasi Pembina Moral dan Etika Pemuda Indonesia (KAPMEPI)); 3) Indrawan Yepe (Inspirator, motivator & Life Coach, Founder & Master Trainer Quantum Confidence) dengan moderator Greget Kalla Buwana.

Sebelum acara dimulai diawali dengan performing art dari teater SOPO FISIP UNS, Kidungan dan Komunitas Musik FISIP. Adapun kontribusi Rp. 10.000,00 yang akan digunakan untuk membantu pembangunan perpustakaan desa binaan Ngemplak Mojosongo. Menurut Ketua Panitia, Faza Umar kegiatan ini bertujuan membentuk dan membangun karakter mahasiswa yang kuat sehingga dapat membendung perkembangan perilaku yang bertentangan  dengan nilai-nilai luhur kehidupan bangsa Indonesia salah satunya tindakan korupsi yang bukan hanya merugikan diri yang bersangkutan tetapi merugikan bangsa dan negara. [FISIP]