Festival Ilmiah Mahasiswa UNS

Sabtu, 5 Mei 2012  Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS menggelar Grand opening Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) XII UNS, bertempat di Gedung Rektorat UNS  dihadiri oleh Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. sebagai Rektor UNS dan Pranoto, S.H., M.H. selaku Pembina SIM UNS, acara tersebut dibuka oleh Rektor dengan pemukulan Gong sebagai simbolis. Rangkaian acara dalam FILM XII  tahun ini terdiri dari Lomba Esai Tingkat Mahasiswa UNS, Lomba Karya Tulis Kreatif Tingkat Nasional, Lokakarya Keilmiahan, Ekspo Keilmiahan dan  Seminar Nasional,  Rangkaian acara pertama  FILM XII, dibuka dengan acara Presentasi Grandfinal Lomba Esai Mahasiswa bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan”.

Diharapkan dengan berjalannya rangkaian acara FILM ini, insan-insan mahasiswa UNS maupun luar UNS, dapat mengembangkan ide-ide dan gagasan mereka dan event ini dapat menjadi media mengembangakan kultur keilmiahan di UNS.

10 Finalis mempresentasikan karyanya dihadapan  dua juri yakni Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum dan Sulistyo Joko Wahyudi, S.T. Finalis merupakan karya terpilih dari 109 peserta yang mengikuti lomba Essai dimana karya diupload diblog UNS. Lomba Essai ini merupakan hasil kerjasama antara panitia lomba Essai FILm dengan International Office dan UNS Blog fest disponshori Bank Indonesia dan BNI. Acara berlangsung hingga pukul  15.00 WIB . Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu pemicu tumbuhnya budaya menulis dan budaya ngeblog dikalangan mahasiswa UNS.

Kamis, 10 Mei 2012 Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS menggelar BIG EVENT EXPO Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) XII UNS yang bertajuk “Raising Spirit For Inspiration, Creativity, Entrepreneur-ship and Social  Movement”. Acara  Grand Opening bertempat di Lembah Teknik UNS Solo dihadiri oleh berbagai penggiat kewirausahaan, penulis buku, bahkan berbagai komunitas yang bergerak dalam berbagai bidang.

Rangkaian acara yang diadakan dalam EXPO tahun ini antara lain, performance dari berbagai tarian budaya, pembukaan stand-stand produk wirausahawan, Launching Gerakan Koin Social untuk Pemberdayaan Masyarakat Marginal tim SIM goes to Village SIM UNS, bincang-bincang inspiratif dan bedah buku, serta acara menarik lainnya. Dengan terselenggaranya  EXPO FILM XII ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat insan-insan muda untuk lebih giat mengembangkan ke kreativitasaanya dalam berwirausaha.

Rangkaian Grandfinal Lomba Karya Tulis Kreatif Mahasiswa Tingkat (LKTK FILM) diadakan oleh Studi Ilmiah Mahasiswa dengan disponsori utama oleh PT XL Axiata CV Komunika mulai Kamis 10 Mei hingga 12 Mei 2012. Mengusung tema “Strategi Kreatif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di berbagai Bidang untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Menghadapi Tantangan Global”. 10 tim yang lolos seleksi tahap pertama mempresen-tasikan karya dihadapan 3 juri dan finalis yang lain. Presentasi dibuka oleh tim pertama yaitu dari tuan rumah sendiri yaitu UNS, yang diketuai oleh Zakaria Husein A dengan judul calling the radio station: sistem informasi terjangkau dan men-jangkau petani melalui kerjasama menggandeng provider dengan jaringan luas . 10 menit waktu yang diberikan untuk presentasi dan dilanjutkan sesi tanya jawab 10 menit. Juri  dalam presentasi pada kesempatan kali ini: Muchtar Yunianto, Dewi Wisnu Wardani, dan Dekora Saputra.

Acara grand final dilanjutkan acara Talk Show bertempat di lembah Teknik UNS  yang temanya tak jauh dari  tema utama LKTK tentang teknologi informasi. Harapan dengan terselenggarakanya acara ini mampu menjadi media pelecut karya bagi mahasiswa untuk mengembangkan karya karya dibidang teknologi informasi bekerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah untuk sama sama berkonribusi membangun bangsa.

abtu, 19 Mei 2012 Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS mengadakan lokakarya keilmiahan bertajuk “Publikasi Ilmiah Jadi Syarat Wisuda”.  Acara digelar di ruang sidang IV Rektorat UNS dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. Acara dibuka oleh Prof. Sutarno, M.Sc., Ph.D. Pembantu Rektor I bidang akademik UNS sekaligus mengisi sesi 1 yang memaparkan tentang kebijakan kampus UNS publikasi ilmiah disusul dengan sessi 2 oleh Dr. Sutanto, DEA tentang motivasi research dan publikasi ilmiah  dan  sesi terakhir tentang workshop penulisan jurnal ilmiah oleh Dr. Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T dan Dr. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si.

Acara ini dihadiri oleh 75 peserta dari mahasiswa dari berbagai fakultas di UNS. Agus Suroso, ketua panitia, mengutarakan agenda ini dilaksanakan sebagai wahana pencerdasan bagi mahasiswa UNS  terkait kebijakan publikasi ilmiah dari DIKTI sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana mulai kelulusan agustus 2012. Harapannya kedepan, mahasiswa sebagai insan akademis dapat menjadikan kebijakan ini sebagai media meningkatkan kualitas intelektual dan kompetensi keilmiahan di kalangan mahasiswa. [Panitia FILM XII]