Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa 2012

Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (Himagara) FISIP UNS akan menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa se Jateng dan DIY dengan tema “Indonesia Dalam Pencapaian MDgs 2015”. Lomba dimaksudkan sebagai upaya untuk melatih daya kritis mahasiswa terkait dengan permasalahan dalam pembangunan di Indonesia.

Pemilihan kegiatan yang berupa lomba karya tulis ilmiah (LKTI) mahasiswa ini dikarenakan dalam karya tulis ilmiah tulisan disusun secara komprehensif berdasarkan  data dan informasi yang akurat yang dianalisis secara tajam, runtut dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan sehingga diharapkan peserta lomba akan mempunyai cara pandang yang obyektif dan rasional terhadap pemasalahan sosial yang sedang berkembang.

Rencana pelaksanaan lomba diawali dengan:

  1. Pendaftaran dan pengumpulan naskah mulai 21 Maret – 22 April 2012
  2. Penilaian naskah, tanggal 22- 25 April 2012
  3. Pengumuman naskah yang lolos seleksi untuk dipresentasikan, tanggal 25 April 2012
  4. Pelaksanaan presentasi bagi tiga naskah yang lolos, tanggal 28 April 2012
  5. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah tanggal 5 Mei 2012.

Adapun peserta lomba karya tulis ilmiah  terdiri dari kelompok mahasiswa antara 2-3 orang dalam satu kelompok  yang aktif dan terdaftar mengikuti pendidikan Diploma dan S1 di perguruan tinggi negeri/swasta di wilayah Jateng dan DIY. Mahasiswa pengusul boleh dari berbagai program studi yang berbeda atau satu program studi yang sama namun masih dalam satu perguruan tinggi. Dan satu kelompok boleh mengusulkan lebih dari satu karya tulis.

Menurut Ketua Panitia, Febri Yoga Perdana, lomba karya tulis ilmiah ini bertujuan memberikan tantangan pada mahasiswa untuk mengaktualisasikan potensi dirinya melalui karya nyata berupa karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan diharapkan agar mampu menyampaikan pendapat dan pemikirannya tentang isu-isu strategis pembangunan di indonesia. Karena mahasiswa pada dasarnya adalah kaum intelektual yang harus bisa sebagai agen perubahan dan kontrol sosial terhadap kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Info lebih lanjut di http://himagara.blog.fisip.uns.ac.id, atau CP Sdr Febri Yoga di 085642440911 atau Bangkit Joko 085729411813.  [FISIP  UNS]