Lomba Desain Motif Batik, SMA Murni Surakarta Sabet Dua Piala

Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS pada hari Selasa (3/4) mengumumkan hasil Lomba Desain Motif Batik dalam rangka memeringati Dies Natalis UNS ke-36 di Solo. Ketua panitia lomba Dra. Tiwi Bina Affanti, M. Sn menuturkan, “Lomba ini menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan batik kepada generasi muda sehingga batik tak sekadar dikagumi bangsa asing. Tetapi batik menjadi kekayaan yang patut dilestarikan dan dibudayakan.”

Tiwi menambahkan, selain menggali ide kreatif siswa dalam merancang motif batik dan meningkatkan kecintaan kepedulian siswa terhadap pelestarian batik, “lomba ini juga menjadi satu bentuk partisipasi UNS dalam pengembangan desain motif Batik Solo serta meningkatkan promosi Batik Solo sebagai local genius yang harus dikembangkan secara luas,” imbuhnya.

Dari hasil penilaian oleh dewan juri yang terdiri atas: Prof.Dr. Nanang Rizali, M.Sd.,Dra. Sarah Rum Handayani, M.Hum., dan Drs. Sarwono, M.Sn tanggal 27 Maret 2012 diputuskan karya Nuari Tri Baskoro, siswa SMA Murni Surakarta meraih juara I sekaligus berhak atas uang pembinaan senilai Rp 1.000.000,-. Disusul rekan satu sekolah Nuari, Dea Ferdrina, meraih juara II dengan hadiah uang pembinaan senilai Rp 700.000,-. Juara III dengan hadiah uang senilai Rp 500.000,- diraih oleh Mardiana Imastuti dari SMK Kristen Surakarta. Selain uang pembinaan, semua juara juga mendapatkan sertifikat dan piala.

Karya-karya para peserta yang dihimpun panitia sejak 9 Februari sampai 20 Maret 2012 itu dinilai berdasarkan orisinalitas karya, keunikan, ide gagasan, dan kesesuaian tema. Tiwi berharap, “Karya yang dikirimkan memberikan angin segar dalam perkembangan keanekaragaman batik di kota Solo sehingga diharapkan motif batik yang dihasilkan dari lomba ini memberikan efek yang positif. [red. uns.ac.id]