Bimbingan dan Konseling Fair 2012

Dalam rangka Dies Natalis UNS XXXVI Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HIMABIKO) FKIP-UNS menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Konseling Fair dengan tema ”Memaknai Arti Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Bangsa” yang telah dilaksanakan pada hari Minggu 1 April 2012 di Aula Gedung FKIP UNS Surakarta. Kegiatan tersebut meliputi:

  1. Festival Bimbingan dan Konseling 2012  yang terdiri dari 5 macam lomba yaitu: a) Lomba Mewarnai tingkat TK se-Kota Surakarta, b) Lomba Fotografi tingkat pelajar dan mahasiwa se-Jawa Tengah dengan tema “Potret Kehidupan Remaja”, c) Lomba desain permainan media Bimbingan dan Konseling tingkat mahasiswa Bimbingan dan Konseling universitas, d) Lomba Mading tingkat pelajar SMP dan SMA se-Kota Surakarta dengan tema “Pembentukan karakter Anak Bangsa”, e) Lomba tumpeng  antar kelas Bimbingan dan Konseling UNS.
  2. Pemilihan Putra dan Putri BK UNS 2012.
  3. Pentas Seni Mahakarya Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNS 2012.
  4. Kegiatan Bazar BK 2012.
  5. Donor Darah.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat umum dan akademisi terutama mahasiswa BK mengenai makna bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter bangsa.
  2. Membuka wacana masyarakat umum, mahasiswa BK bagi calon konselor mengenai pembentukan karakter sejak dini.
  3. Meningkatkan rasa solidaritas, persatuan, dan kesatuan anggota himpunan mahasiswa BK UNS Surakarta.
  4. Melalui lomba-lomba diharapkan dapat miningkatkan kompetisi siwa SMP/SMA se-Surakarta.
  5. Memberikan suatu wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri.

Sasaran peserta kegiatan adalah: 1). Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNS, 2) Mahasiswa Bimbingan dan Konseling se-Jawa Tengah, 3) Siswa TK, SMP, dan SMA se-Surakarta, dan 4). Masyarakat umum yang peduli akan pendidikan dan pentingnya pembentukan karakter bangsa.   [Bagian MAWA]